Friday, August 5, 2011

90 Tahun Sejarah Logo Mazda

MAZDA memasuki usianya yang ke-90 tahun ini, dan selama hampir seabad memproduksi mobil, Mazda tetap memegang teguh etos Zoom-Zoom. Satu hal yang berubah selama bertahun tahun adalah design logonya. Selama 90 tahun perjalanan, Mazda telah lebih dari empat kali mengganti logo mereka.


Pada tahun 1936, Mazda terjun ke dunia pabrikasi mobil dengan tidak hanya menggunakan satu, tetapi dua logo. Yang pertama berupa tulisan 'Mazda' sederhana dan simbol triple 'M'. Saat itu Mazda memiliki kantor pusat di Kota Hiroshima, sementara konsep yang diusungnya adalah kecepatan dan kelincahan. Triple 'M' juga merupakan kependekan dari Mazda Motor Manufacturer.


Memasuki 1959 design logo Mazda berubah logo menjadi 'm' huruf kecil dengan tarikan garis awal menjulang ke atas sementara garis akhirnya berlanjut ke bawah. Design logo ini bertepatan dengan peluncuran mobil penumpang pada 1959. Kendaraan Mazda yang pertama kali mengenakan logo ini adalah Mazda R360 coupe yang mengusung sederet teknologi canggih pada jamannya.


Tahun 1975 muncul logo abadi yang sekaligus diperkenalkan sebagai identitas baru korporat Mazda. Saat ini, setelah 35 tahun berlalu, tipe logo tersebut tetap menjadi elemen intrinsik identitas visual Mazda.


Logo baru diperkenalkan pada tahun 1992, simbol merek ini hadir bersama logo yang diperkenalkan pada 1975. Logo baru ini mengekspresikan bentuk dimensi sayap, matahari dan lingkaran cahaya.


Pada bulan Juni 1997, logo baru Mazda diperkenalkan secara global. Logo baru yang kita kenal hingga hari ini, menggambarkan huruf 'M' Mazda yang terbentuk dari sayap berbentuk 'V'. Logo ini menggambarkan tekad perusahaan untuk membentangkan sayap terbang menuju masa depan.


Tahun 2000, Filosofi ini disempurnakan dengan memperkenalkan tagline Zoom-Zoom untuk mengekspresikan 'emosi gerak' yang ditanamkan ke dalam setiap produk Mazda. Etos Zoom-Zoom ini masih terkandung dalam dalam design logo yang akan segera muncul di dalam generasi baru kendaraan Mazda yang membawa perusahaan menuju jalan yang menuju keberhasilan

No comments:

Post a Comment